Senin, 14 November 2016

Investasi Properti bagi Keluarga Muda: It's Time to Buy!

Apa yang terpikirkan oleh pasangan ketika menikah? Punya rumah? Punya mobil? Punya anak? Itu sudah pasti! Tapi apakah pernah anda dan suami juga memikirkan punya investasi? Jujur saja, saat awal menikah, saya dan suami belum, bahkan tidak terlintas untuk memikirkan berinvestasi. Untuk urusan rumah dan mobil tadipun sudah ada sebelum menikah, karena diberikan oleh orangtua kami, sehingga kami tidak perlu repot memikirkan dua hal krusial tersebut.
www.citraraya.com

Terus kenapa kami tidak pernah memikirkan untuk mulai berinvestasi? Karena pada saat itu kami masih muda, masih merasa belum cukup mampu untuk memiliki investasi, merasa gaji belum cukup, dan menurut kami investasi itu hanya untuk usia mapan, ya sekitar 40-50 tahun lah. Seperti orangtua kami yang memang sudah punya investasi karena usia dan jam terbangnya sudah tinggi hehe... Dan karena hal tersebut, kami beranggapan bahwa toh nantinya investasi orangtua akan diwariskan ke kami juga haha.., maklum pemikiran anak mudaAkhirnya apa yang terjadi? Gaji kami habis untuk kebutuhan konsumtif, kami tidak punya tabungan, dan tidak punya target hidup. Lama-lama kami merasa kok hidup kami begini-begini saja ya. Enak dan mudah. Tidak ada tantangan atau pemicu yang membuat kami lebih bergairah dalam bekerja dan menjalani kehidupan. Menurut kami, harus ada resolusi agar ada target hidup, harus ada target hidup agar ada semangat bekerja dan mencapai jenjang karier tertentu, harus ada semangat bekerja agar ada semangat hidup. Pada akhirnya, itulah yang menjadi 'penyemangat' saya dan suami agar hidup tidak begini-begini saja atau tidak datar.
Akhirnya, kami memutuskan keluar dari 'zona nyaman' kami untuk mulai berinvestasi. Artinya, kami harus mengesampingkan hal-hal konsumtif untuk sementar waktu. Sulit? Ya, awalnya sulit, karena 'jiwa muda' kami selalu butuh hiburan seperti belanja (apalagi ketika melihat promo online shop di sosial media atau website), nonton di bioskop, makan di restoran atau cafe, bahkan liburan keluar kota. Rasanya kami seperti 'jatuh miskin' ketika itu, dan merasa ada tekanan dan keterpaksaan ketika harus menyisihkan gaji untuk bekal investasi. Tetapi memang harus ada pengorbanan untuk mencapai keberhasilan. Intinya, kami ingin menyiapkan masa depan yang cerah untuk kami dan buah hati, dengan cara menabung dalam bentuk investasi.
Selanjutnya, investasi apa yang akan kami lakukan? Mulailah saya dan suami browsing di internet, tanya sana-sini, rajin memantau berita mengenai keadaan ekonomi saat itu, dan sampailah kami kepada sebuah kesimpulan bahwa investasi yang menguntungkan dan minim resiko adalah properti. Karena harga properti di Indonesia selalu naik, jika terburuknya keadaan ekonomi sulitpun, nilai properti akan tetap, tidak mungkin turun. Oke, sampai disitu kami memutuskan akan berinvestasi properti.
Yang terjadi selanjutnya adalah, dimana kami harus membeli propertinya? Dan apa bentuk propertinya? Apakah rumah, ruko atau apartment? Berikut hasil analisa kami:
1. Karena tujuannya memang untuk investasi, dan kami memang sudah memiliki rumah tinggal, maka properti yang akan kami beli ini rencananya tidak kami tinggali. Berarti antara kami sewakan atau jual.Berarti, kami harus membeli properti yang lokasinya strategis.
2. Karena harga properti di Jakarta sudah tinggi, dan Jakarta sebagian besar merupakan Sunset Property yang memang sudah 'hidup', maka kami akan membeli properti didaerah penyangga Jakarta yang mempunyai kawasan Sunrise Property, artinya kawasan baru yang masih terus membangun dan melengkapi fasilitasnya.
3. Karena kami harus membeli dikawasan Sunrise Property, maka kami harus mencari developer yang terkemuka dengan reputasi mumpuni, kawasan dengan lahan luas, dan prospek pembangunan kedepan yang jelas.
4. Karena ini merupakan investasi pertama kami, maka kami harus mencari properti yang harganya masih terjangkau
5. Karena kami ingin berinvestasi, maka kami harus memilih jenis properti yang kenaikannya tinggi.
Jadi, kesimpulannya adalah kami harus mencari properti dikawasan Sunrise Property yang ada didaerah penyangga Jakarta dengan lokasi strategis dan fasilitas memadai, milik developer terkemuka yang memiliki prospek pembangunan jangka panjang, sehingga nilai investasi properti kami meningkat cepat.

Lantas, apa jawaban dari kesimpulan tersebut?


Mengapa Citra Maja Raya?
1. Pengembang atau Developer Terpercaya
Siapa yang tidak mengenal logo perusahaan ini? Rasa-rasanya hampir semua orang Indonesia sering melihat logo ini, karena memang tersebar dihampir seluruh wilayah negara tercinta kita.
 
Ya, Citra Maja Raya dikembangkan oleh Ciputra Group, yang memiliki reputasi mumpuni dan telah malang melintang di industri properti Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara.

2. Terletak di Tangerang dengan Luas Lahan 2000 hektar
   
Citra Maja Raya merupakan kawasan perumahan dan komersial di Tangerang, Banten dengan luas pengembangan lahan 2000 hektar, berskala kota mandiri, memiliki program Eco Culture yang mengedepankan keserasian alam dan mendukung program ramah lingkungan. Mengusung tagline An Intergrated New Town, kawasan ini ideal bagi keluarga muda yang memiliki gaya hidup modern dan aktif. Dan kawasan Tangerang-Banten saat ini memang sedang berkembang pesat, termasuk di sektor properti. Tak heran jika banyak warga Jakarta berbondong-bondong membeli properti dikawasan ini, baik untuk tinggal maupun investasi.

3. Akses Transportasi Mudah
Citra Maja Raya merupakan perumahan yang mengedepankan kemudahan moda transportasi, dimana Citra Maja Raya hanya berjarak 750 meter dari Stasiun Kereta Maja. Commuter line adalah keunggulannya.



Perumahan berbasis Transit Oriented Development (TOD) ini menjadikan Stasiun Maja sebagai simpul transportasi. Selain itu, kedepannya akan dikembangkan trasnportasi lain seperti feeder busway dan City Shuttle Bus, kemudian akan didukung dengan ruas tol Serpong-Maja sepanjang 50 KM dan Balaraja-Maja sepanjang 40 KM.

4. Fasilitas Memadai
Kawasan Citra Maja Raya didukung fasilitas yang menunjang kehidupan para warga, seperti Rumah Sakit, Sekolah, pusat kuliner dan lifestyle, sarana ibadah, Eco Park, Pasar Modern, dan Urban Forest. Dan Citra Maja Raya akan terus melengkapi fasilitasnya. Inilah makna dari Sunrise Property tersebut. 
  

  

5. Harga Rumah yang Masuk Akal
Untuk kawasan perumahan, Citra Maja Raya membagi menjadi 2 (dua) kategori, antara lain tipe RS atau rumah sederhana, dimana rumah ini memiliki tipe kecil, seperti tipe 22/60, 22/72, dan 36/72. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau, yaitu mulai Rp 149 juta-an.
Kategori kedua merupakan tipe RE atau Real Estate, dimana rumah ini sekelas real estate pada umumnya, kualitas rumahnya baik, dan memiliki tipe lebih besar seperti 27/72, 36/72, dan 42/69. Harga yang ditawarkan mulai Rp 290 juta-an. Menurut saya harga inipun masih terjangkau dan masuk akal.
Rumah di Citra Maja Raya merupakan rumah tumbuh yang memungkinkan anda berkreasi dengan lahan kosong sesuai kebutuhan anda.
Rumah Tipe RS
Rumah Tipe RE 

                          



Bagi anda yang ingin berinvestasi di komersial, Citra Maja Raya juga menyediakan Ruko dengan tipe mulai 4.5x15 meter, 5x12 meter sampai 6x12 meter. Sesuaikan dengan dana investasi anda.


Dan diakhir November 2016 ini Citra Maja Raya mengadakan Soft Launching rumah tahap kedua yang akan dibangun diatas lahan seluas 300 hektar dengan harga mulai dari Rp 149 juta (tipe rumah seperti penjelasan diatas),  dengan DP 1.25 juta/bulan dan dapat KPR dengan DP hanya 5%. Penawaran yang menarik bagi anda yang ingin mulai berinvestasi kan?
Untuk diketahui, tahap pertama yang diluncurkan tahun lalu terjual habis sebanyak 700 unit rumah dan 500 unit ruko yang akan dibangun diatas lahan seluas 430 hektar.

6. Prospek Pembangunan

Membeli properti, khususnya untuk berinvestasi memang perlu melihat jangka panjang. Artinya, prospek pembangunan kedepan seperti apa, sehingga kita dapat menaksir kenaikan nilai investasinya. Untuk Citra Maja Raya sendiri menargetkan dalam 20 tahun kedepan akan menjadi satu-satunya Regional Business Center yang kuat, dimana berbagai fasilitas skala kota mandiri akan disediakan kawasan ini dimasa mendatang.
Berarti anda sudah bisa membayangkan nilai investasi yang akan anda terima dengan membeli properti di Citra Maja Raya kan?

Jadi, berdasarkan hasil analisa dan info lengkap yang kami dapatkan tentang perumahan Citra Maja Raya di Banten ini, kami memutuskan untuk dapat berinvestasi diperumahan besutan Ciputra Group tersebut. Karena menurut kami memang ada banyak developer besar yang membangun kawasan perumahan di Tangerang-Banten, tetapi sebagian besar sudah hidup dan tak lama lagi akan menjadi Sunset Property, bahkan mungkin sudah ada yang menjadi bagian tersebut, sehingga tidak akan berimbas terlalu besar untuk investasi kami. Berbeda dengan prospek investasi dari Citra Maja Raya, yang kami percaya investasi kami akan tumbuh seiring pembangunan dikawasan ini. Dan saat ini adalah waktu yang tepat untuk membeli properti. Mengapa? Karena saat ini kondisi ekonomi sedang lesu, begitupun dengan sektor properti. Pada saat lesu ini, pengembang properti tidak akan menaikkan harga, dan pada saat inilah kita membeli. Karena begitu tahun depan kondisi ekonomi membaik, harga properti pasti meningkat, dan kita tinggal menikmati keuntungan dari membeli properti disaat sulit. Masuk akal kan? 

6 komentar:

  1. Mbak Tasya Manuputty

    Bagaimana kita mengetahui daerah2 yang akan menjadi sunset property dan dimana kita mendapatkan info2 property yang sedang dibangun atau akan soft launching ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mengetahui Sunset property adalah ketika kawasan tersebut sudah memiliki (berdiri) faslilitas yang lengkap, land bank sudah habis, kawasannya sudah hidup. Karena disaat seperti itu nilai investasinya tetap naik tapi tidak setinggi kawasan sunrise property.
      Untuk mendapatkan info property yang sedang launching dapat cek di startup property atau pameran property di JCC (biasanya di Februari, Mei, Agustus dan November).
      Semoga terbantu ya. Salam properti

      Hapus
  2. maja ini emang banyak banget yang ngomong ya, tapi emang worth to invest banget sih.

    Buat kalian yang butuh Rumah Siap Huni bisa langsung cek di sini nih

    BalasHapus
  3. akhirnya aku udah serah terima rumah minggu lalu, ngga salah pilih emang beli rumah di citra maja hehe

    konsen selanjutnya adalah desain interior, harus nyari jasa interior murah karena nyesuain budget, tapi maunya tetep bagus hahaha akhirnya nemu Interior Infinity yang punya kualitas bagus tapi harga nya juga murah hihi

    BalasHapus