Rabu, 10 April 2019

Investasi Bagi Wanita Millenial


Investasi pada jaman dulu hanya dilakukan oleh orangtua kita dan para pria dewasa yang sudah mapan. Tapi, di era milenial ini, investasi juga 'wajib' dilakukan oleh para wanita, bahkan jika anda saat ini masih berstatus mahasiswi dan ibu rumah tangga. Karena saat ini investasi semakin banyak jenisnya dan semakin mudah dilakukan. Dengan berinvestasi, kita memiliki uang simpanan yang akan berguna untuk kebutuhan darurat. Atau investasi juga dapat digunakan untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya untuk liburan akhir tahun, atau membeli mobil idaman.

Yuk, kita cek investasi apa saja yang cocok untuk wanita milenial.

1. Deposito

Investasi paling sederhana yang dapat dilakukan oleh pemula adalah deposito. Walaupun bunga deposito naik-turun, tetapi deposito adalah investasi tunai yang paling aman dan likuid. Dan kamu tidak akan rugi karena nilai tunai yang kamu setorkan tidak akan berkurang, karena tidak dipotong biaya administrasi seperti menabung di bank. Kamu dapat melakukan cek online suku bungan deposito di beberapa bank, pilih bank dengan bunga deposito tertinggi. Kemudian, simpanlah uangmu minimal 3 bulan, dan jika belum ada kebutuhan khusus kamu dapat Automatic Roll Over (ARO) atau diperpanjang secara otomatis.

2. Emas
Investasi selanjutnya yang layak dicoba adalah emas. Emas yang akan diinvestasikan bisa dalam bentuk perhiasan atau emas batangan (gold bar). Mulailah membeli emas dari gram yang kecil, seperti emas batang 5 gram atau 10 gram. Dan beli emas disaat harganya sedang turun, biasanya dapat di cek harian di website toko emas online.

3. Properti
Yang harus diketahui dalam berinvestasi adalah nilainya tidak boleh turun seperti investasi properti. Properti yang dimaksud bisa dalam bentuk rumah, apartemen atau kavling. Kalau rumah dan apartemen, kamu bisa langsung menyewakannya setelah serah terima. Kalau kavling, bisa dibiarkan ksoong sampai nanti harga naik tinggi dan dijual lagi, atau bisa juga langsung dibangun menjadi rumah atau tempat kost. Produk properti di Indonesia memiliki nilai investasi  yag akan selalu naik. Dan saat ini, banyak properti yang menawarkan cicilan DP ringan sampai Rp 2 jutaan per bulan. Hitung-hitung sambil kamu nabung bulanan, kan.

4. Asuransi

Asuransi merupakan investasi dengan tiga manfaat sekaligus, pertama melindungi kesehatan, yang kedua nilai investasi dari unit link, dan nilai tunai dari dana yang anda setorkan atau tabung tiap bulan atau tahun untuk merencanakan masa depan. Asuransi juga dapat kita ambil sesuai kebutuhan. Misal, kamu ingin punya uang yang cukup ketika pensiun, maka kanu dapat mengambil asuransi yang nilai tunainya dapat diambil ketika pensiun. Atau jika kamu memiliki cita-cita agar anak dapat kuliah di luar negeri, maka kamu dapat mengambil asuransi pendidikan. Hanya dengan menyisihkan Rp 500 ribu atau Rp 1 juta, kamu dapat memperoleh manfaat investasi asuransi.

5. Reksadana

Produk investasi yang saat ini sedang ‘hits’ adalah reksadana, yaitu investasi yang menghimpun dana atau modal yang asalnya dari investor, dan diinvestasikan dalam bentuk portofolio investasi. 
Reksadana merupakan  biasanya terbagi menjadi tiga jenis tergantung tingkat resikonya. Jika kamu ingin mulai investasi reksadana, sebaiknya kamu mencoba reksadana pasar uang yang minim resiko dan jangka waktunya pendek. Untuk kamu yang berani ambil resiko, kamu bisa mencoba reksadana saham. Nilai plusnya, kamu bisa memiliki return yang tinggi. Dan kalau kamu ingin ‘bermain’ ditengah, kamu bisa mencoba reksadana campuran, yaitu gabungan antara reksadana pasar uang dan saham.
Kamu bisa mulai investasi reksadana dengan menyetor uang Rp 500 ribu saja. Akan lebih baik jika kamu rutin menyetor dana dan memonitor perkembangan investasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar